Ngecek Stok Buka

Gimana Sih Rasanya Ngecek Stok Buku di Toko-toko Ini?
.
.
.

Karena saya suka jalan-jalan ke toko buku dan sekaligus jualan buku online, otomatis sering ngecek stok buku di komputer toko.

Kali ini saya akan cerita bagaimana rasanya ngecek stok di 3 toko buku ternama di Jogja.

Di Togamas, cek stok gampang, komputernya cepat. Ketika sudah ketik judul dan enter, nanti muncul keterangan stok ada berapa dan lokasi di mana. Lokasi detail dan gampang ditemukan. Itu keunggulannya Togamas. Kalau kekurangannya, kita mesti nyalin judul dan kode rak di kertas pakai pena tentunya. Atau kalau malas nyalin, kita mesti ngehafal. Namun, biasanya karyawan Togamas inisiatif membantu mengantar sampai di rak yang dituju, bahkan sekalian mengambilkan bukunya.

Di SAB, cek stok agak susah. Dalam artian, stok masih atau gak, kita mesti tanya ke kasir. Kita hanya bisa ketik judul di komputer dan tahu info harga dan letak klasifikasi raknya saja. Keunggulannya di sini, judul bisa di-print, nanti bisa diserahkan ke karyawan yang jaga rak atau kita mesti cari sendiri karena sering karyawan tidak inisiatif bantu kalau kita tidak nanya. Di sini, kode raknya juga kurang detail, jadi nyarinya lama bagi yang belum berpengalaman. Soalnya kadang ada karyawan toko yang juga nyari buku gak nemu, padahal keterangan stok di komputer ada.

Di Gramedia cek stok lumayan gampang. Ketika sudah ketik judul, nanti muncul harga dan keterangan stok. Kode rak cukup detail. Tapi emang loading komputernya agak lama. Lebih lama dari loading komputer Togamas dan SAB. Untuk memudahkan ketemu buku, judul dan kode rak perlu di salin ke kertas atau ke note HP. Gak ada print soalnya, sama kaya Togamas. Cuma SAB aja yang bisa print judul. Karyawan  mau bantu kalau pelanggan nanya, tapi kalau toko lagi rame, biasanya pelanggan hanya dikasih sedikit petunjuk dan mesti nyari sendiri.

Jogja, 28 Desember 2018

Komentar