*Baru Mulai Jualan, Sudah Bisa Tembus 100 eksemplar Per bulan*

*Baru Mulai Jualan, Sudah Bisa Tembus 100 eksemplar Per bulan*

Kawan saya, Paramitha Yuli, mahasiswi UGM asal Ponorogo baru jualan buku online tiga bulan. Sebelumnya dia sebatas orang yang hobi baca dan sering membeli buku untuk dirinya sendiri. Ketika memasuki semester akhir dia mulai berpikir cari aktivitas-aktivitas yang bisa mengisi waktu luang sekaligus menghasilkan uang. Dia pernah jadi OP warnet dan kini beralih fokus ke jualan buku online.

Mitha, berjualan buku di Instagram khusus jualan (bukan akun pribadi ya), namanya @bukuerasmus. Dia hanya menjual buku-buku sejarah. Produk buku yang paling sering dipromosikan olehnya dari penerbit Ombak dan Komunitas Bambu. Jika pelanggan tanya selain buku sejarah; tidak ia layani (dijawab kosong). Intinya dia fokus jualan buku yang dia "sukai" dan dia "kuasai" (paham). "Kalau ada pelanggan tanya buku selain sejarah atau yang aneh-aneh dan aku gak tahu, aku jawab kosong saja. Lebih enak kaya gitu, jadi gak terbebani," terangnya.

Mitha membeberkan tips biar postingan kita dilirik dan orang yang follow makin banyak; diselingi quotes. Tiap upload dua buku, kasih satu quotes. "Ya sambil belajar dan lihat ke akun-akun jualannya orang lain yang udah bagus sih," tambahnya. Tentu tak ketinggalan, dia selalu membuat Story IG. Story IG bisa berisi Testimoni, Kiriman Paket, Foto Resi, Foto Buku, Kuis Buku dan lain-lain.

*Gimana cara edit-edit foto buku, bikin quotes yang menarik, kerja edit dan postingnya tidak 'pegel'?*

Biar kerjanya efektif, cepat dan produktif; caranya kamu siapkan sekaligus banyak per bahannya.

Misal, pertama kamu fokus download foto buku dulu. Fokus ngerjain download foto buku dulu, sebanyak 10 foto misalnya. Jangan pindah ngerjain yang lain. Jangan baru download satu foto, pindah kerja cari sinopsis, terus pindah lagi ngedit foto. Jangan.

Setelah download 10 foto, fokus browsing 10 sinopsis/deskripsi buku (langsung ditambahi hastag yang cocok juga boleh). Sinopsis/deskripsinya kamu simpan di notes HP mu. Atau bisa juga kamu buat buat grup WA yang anggota cuma dirimu, grup itu kasih nama "Deskripsi Buku". Setiap ada sinopsis buku taruh situ. Pas nanti mau promosi tinggal salin dan tempel (copy-paste).

Setelah itu, fokus edit-edit foto. Setelah semua bahan sudah diolah dan jadi, kamu tinggal fokus posting ke IG.

Lalu soal mengerjakan Foto Quotes, ambil referensi Quotes nya @bukuerasmus. Pertama fokus download foto tokoh-tokoh Indonesia dan dunia, download langsung banyak, langsung 10 misal.

Setelah download foto 10 tokoh, fokus browsing 10 Quotes dari 10 tokoh tersebut. Quotesnya di copy paste dan simpan di notes ya, atau di grup WA atau di mana saja yang kiranya kamu lebih mudah mengaksesnya.

Setelah semua bahan sudah siap, kamu tinggal edit-edit. Cara mengedit yang menarik itu gimana? Nah ini sudah bukan wilayah saya buat ngejelasin. Temen-temen bisa belajar mandiri lewat tutorial di YouTube. Kalau mau hasil editnya super perfect, bisa edit lewat laptop. Kalau edit-edit via android juga bisa banget, tinggal download aplikasi-aplikasi pendukung; seperti aplikasi Foto Editor dan Teks Editor.

Buku Erasmus kan tadi fokusnya menjual buku-buku sejarah, misal kamu mau fokus jual buku agama, kamu bisa cari referensi IG-IG yang jualannya sama denganmu agar kamu bisa belajar ke mereka. Contohnya akun @galeri.bukuislami (followers 21k) dan @surga.buku (135k).

Misal kamu fokus jual buku anak, atau buku Sastra, atau buku Kedokteran, atau buku Pelajaran, ya cari IG-IG yang setema yang postingannya menarik dan followers-nya banyak agar kamu bisa belajar ke mereka.

Selamat mencoba!

Jogja, 4 April 2018

Komentar